Media Promosi Mulai dari Pengertian Hingga Fungsinya!
Jika Anda sedang mencari topik tentang media promosi, maka tulisan ini adalah pilihan yang tepat karena memberikan penjelasan menyeluruh tentang semua aspek media promosi, mulai dari definisi hingga jenisnya.
Jika digunakan dengan tepat, media promosi dapat membantu bisnis Anda. Apalagi di zaman sekarang, semua pelanggan menyukai promosi dengan media yang tepat.
Pengertian Media Promosi: Istilah "media promosi" berasal dari dua kata, "media" dan "promosi." Mari kita lihat apa arti kedua kata ini terlebih dahulu.
Pada tahun 1997, Association for Educational Communications and Technology (AECT) mengatakan bahwa media adalah segala jenis dan saluran yang digunakan untuk mengirimkan pesan atau informasi.
Menurut Buchari Alma pada tahun 2006, promosi adalah jenis komunikasi yang menjelaskan dan meyakinkan calon pembeli tentang barang dan jasa dengan tujuan untuk memperoleh perhatian, mendidik, mengingatkan, dan meyakinkan mereka.
Dari dua definisi di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa media promosi adalah media atau sarana yang dapat diandalkan untuk menyampaikan informasi sehingga meyakinkan pelanggan.
Apa Tujuan Promosi Media?
Setelah membaca definisi media promosi di atas, Anda pasti lebih memahami apa itu media promosi.
Selain itu, media promosi memiliki tujuan yang membantu perkembangan bisnis. Sasana Digital menguraikan tujuan media promosi.
1. Memperoleh Perhatian: Tujuan media promosi pertama adalah mendapatkan perhatian, atau perhatian dari calon konsumen.
Karena orang biasanya memberi perhatian terlebih dahulu pada produk atau jasa sebelum memakainya.
Media promosi dapat meningkatkan kesadaran merek. Ini sesuai dengan teori kesadaran digital marketing yang menyatakan bahwa sebuah brand harus mendapat perhatian orang terlebih dahulu.
Baca Juga: Mengenal Keunikan dan Kelebihan Brand Anda dengan Golden Circle
2. Mendidik Konsumen: Tujuan kedua dari media promosi adalah mendidik konsumen karena banyak konsumen yang akan menjadi setia setelah dididik.
Terdidik seperti apa? Dengan kata lain, diajarkan tentang manfaat, fungsi, dan cara menggunakan produk. Sinkgatnya adalah memberikan pengetahuan tentang produk kepada pelanggan.
Baca juga: Apa Itu Ketahui Produk? Seluruh penjelasan dan ilustrasi!
Ingat merek odol yang memberi tahu Anda cara menyikat gigi dengan benar? Itu adalah salah satu contoh mengajar pelanggan dan calon pelanggan.
3. Mengingatkan Setelah tahap "memperoleh perhatian" dan "mendidik konsumen", jangan lupa untuk mengingatkan kembali.
Karena itu, menjadi tujuan media promosi untuk membuat pelanggan setia; pelanggan yang setia menjadi salah satu indikator kesuksesan media promosi.
4. Meyakinkan: Tujuan terakhir dan paling penting adalah meyakinkan karena setelah pelanggan mengenali merek kita, saatnya untuk meyakinkan mereka untuk membeli barang.
Meyakinkan adalah tahap akhir dari tujuan promosi dengan menggunakan media dalam ilmu digital marketing funnel. Toh, melakukan pembelian atau pembayaran untuk sebuah jasa adalah salah satu tanda bahwa pelanggan teryakinkan.
Baca Juga: Funnel Pemasaran Digital: Pengertian, Metode, dan Manfaat
Perhatikan Fungsi Media Promosi!
Media promosi memiliki tujuan khusus yang melengkapi tujuan mereka.
Sasana Digital telah meringkas fungsi media promosi sebagai berikut:
Setelah mempelajari fungsi media promosi, saatnya untuk mempelajari jenis media promosi yang dapat digunakan perusahaan.
Menurut Swastha, ada empat jenis media promosi yang dapat dipilih pada tahun 2022, yaitu:
Surat kabar Majalah Televisi Radio Keempat media promosi ini biasanya digunakan oleh para bisnis untuk mempromosikan merek mereka.
Namun, Sasana Digital akan mengikuti perkembangan teknologi saat ini untuk tetap relevan dengan zaman. Saat ini, setidaknya ada dua jenis media promosi tambahan yang dapat dipilih. Di sini:
Secara keseluruhan, ada sepuluh jenis media promosi yang dapat Anda gunakan untuk menarik pelanggan bisnis Anda.
Lihat juga: Mengapa Website Marketing Penting? Bisa Membantu Perusahaan Cuan
Setelah mempelajari segala sesuatu tentang media promosi, sekarang saatnya untuk berhati-hati saat memilih media promosi.
Jangan sampai perusahaan Anda malah menghabiskan uang hanya untuk muncul di media promosi.
Menurut buku Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif, beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih media promosi adalah sebagai berikut:
?Target Pasar: Pertimbangkan dengan cermat siapa yang akan membeli atau menikmati bisnis Anda dari kalangan apa pun.
Setelah itu, pertimbangkan ciri-ciri mereka; apakah Anda menyukai budaya Jepang, Korea, atau Eropa? Perhatikan juga umur mereka.
Singkatnya, perhatikan siapa yang akan benar-benar menikmati barang dan jasa yang Anda tawarkan.
?Efektifitas: Setiap media promosi yang dipilih memiliki karakteristik unik. Beberapa media hanya cocok untuk promosi jenis tertentu.
Oleh karena itu, pastikan bahwa promosi yang telah Anda rencanakan dan rencanakan akan didistribusikan melalui media promosi yang efektif.
Jangan promosikan travel di koran karena penggemar travel sekarang lebih banyak berkumpul di media sosial.
Selain itu, karena ada kebiasaan yang sudah menjadi budaya, seperti mencari tempat wisata melalui search engine seperti Google, adalah mungkin untuk memasang promosi travel pada situs web Anda.
?Persaingan Kompetitor: Saat memilih media promosi, perhatikan kompetitor Anda. Sebaiknya coba cari alternatif jika ada banyak bisnis besar di sana.
Anda bisa mencari media baru untuk melakukan promosi, atau Anda bisa tetap melakukannya dengan cara yang berbeda pada media yang sama.
Media Promosi Melihat Kompetitor?Dalam memilih media promosi, biaya jangkauan harus diperhatikan karena akan meringankan pengeluaran bisnis Anda.
Misalnya, Anda dapat menjangkau 3 juta orang dengan biaya Rp300.000 dalam sebuah media, yang berarti setiap orang yang Anda jangkau membutuhkan biaya hanya Rp10.
Pada akhirnya, setiap orang dapat memilih media apa yang mereka ingin gunakan untuk mempromosikan perusahaan mereka. Namun, apakah Anda benar-benar yakin?
Ada saat-saat ketika pemilihan media promosi saja tidak cukup; ada beberapa komponen lain yang juga berpengaruh. mulai dari persyaratan merek, jumlah dana yang tersedia, hingga pembentukan tim bisnis.
Karena itu, memilih Sasana Digital adalah pilihan yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. Anda dapat memilih untuk mendukung tim bisnis yang Anda miliki atau mendapatkan konsultasi. Termasuk pemasaran digital secara menyeluruh.
Sudah cukup? Segera rasakan manfaatnya dengan mengklik banner di bawah ini.