본문 바로가기

Bisnis-Digital

Komplit! Ukuran Feed Instagram untuk Semua Jenis Konten

반응형


Karena banyaknya jenis konten yang disediakan dengan ketentuan ukuran postingan Instagram yang berbeda-beda, para desainer dan pembuat konten seringkali bingung tentang ukuran feed Instagram.

Tetapi sekarang Anda tidak perlu bingung lagi! Panduan lengkap untuk daftar ukuran konten Instagram untuk semua jenis postingan—Feed, Stories, IGTV, Reels, Live, dan Guide—dapat ditemukan di artikel berikut.

Daftar Isi Tayangan
Menyiapkan "Rasio" dan "Ukuran" untuk Desain Konten
Kita akan berbicara tentang ukuran dan rasio dalam desain konten sebelum membahas ukuran post Instagram yang tepat.

Penggunaan foto di media sosial, terutama Instagram, sangat bergantung pada ukurannya. Karena tujuan Instagram adalah untuk berbagi foto dan video.

Namun, kebanyakan orang sering salah memahami istilah "ukuran" dan "rasio".

1. Teori Rasio
Dalam desain, rasio adalah perbandingan dua atau lebih angka yang menunjukkan hubungan dan ukuran gambar.

Angka di sebelah kiri menunjukkan lebar gambar dan angka di sebelah kanan menunjukkan tingginya.

Misalkan ada rasio gambar 2:1, yang berarti bahwa gambar tersebut memiliki lebar 2 dan tinggi 1.

Rasio Instagram yang umum terlihat adalah Persegi (1:1), Horizontal/Landscape (16:9 atau 1,91:1), Vertikal (9:16), dan Portrait (4:5).

Karena angka-angkanya yang relatif kecil, penggunaan rasio aspek bertujuan untuk mempermudah membayangkan bentuk gambar. Gambar dengan rasio dimensi dua kali satu pasti lebih cepat daripada gambar yang ditulis dengan rasio dimensi 2048 kali 1024, bukan?

a. Definisi "ukuran"
Namun, ukuran gambar menunjukkan seberapa besar, yang berdampak pada kualitas dan ukuran file.

Selanjutnya, kami akan membahas ukuran yang tepat untuk mendesain konten Instagram.

Dalam desain, satuan untuk mengukur gambar digunakan, seperti piksel (px atau pixel), sentimeter (cm), dan sebagainya.

Bagaimana Cara Menemukan Ukuran dan Rasio Konten Instagram yang Tepat?
Cara menggunakan panduan Meta yang tersedia di Meta Business Help Centre untuk menentukan rasio dan ukuran konten yang tepat untuk tampilan Instagram adalah sebagai berikut:

:1. Tentukan ukuran piksel konten yang akan Anda desain, apakah itu di bawah 500 piksel, 500 hingga 1000 piksel, atau lebih dari 1000 piksel. Ini akan menentukan kualitas gambar yang dihasilkan selanjutnya.

:2. Hitung bagaimana tinggi dan lebar konten yang akan didesain berhubungan satu sama lain. Jika konten Anda memiliki tinggi 1920 px dan lebar 1080 px, itu berarti rasio desain konten Anda adalah 16:9.

Baca juga: Konten: Definisi, Tipe, dan Cara Membuatnya

:4 Ukuran Terbaik untuk Post Instagram Terbaru
Ada beberapa jenis ukuran feed Instagram, termasuk ukuran Persegi/Square (Rasio 1:1, Resolusi 1080×1080 px), ukuran Vertikal (Rasio 9:16, Resolusi 1080×1920 px), ukuran Horizontal/Landscape (Rasio 16:9, Resolusi 1920×1080 px atau 1080×608 px), dan ukuran Portrait/Potret (Rasio: 4:5, Resolusi 1080×1350 px).

Pedoman untuk Ukuran dan Rasio Postingan di Feed Instagram
Pedoman untuk Ukuran Konten dan Rasio untuk Optimasi Instagram
Untuk foto Instagram yang berkualitas tinggi, misalnya, Anda dapat menggunakan ukuran Persegi (1080×1080 px, rasio 1:1), Panorama (1920×1080 px, rasio 16:9), atau Portrait (1080×1350 px, rasio 4:5).

Anda dapat menggunakan ukuran Persegi (1080×1080 px, rasio 1:1) dan Landscape (1080×608 px, rasio 1,91:1) untuk video Instagram.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, mari kita bahas empat dimensi posting Instagram di atas yang dapat Anda gunakan untuk menerapkan strategi pemasaran Instagram:

:1. Post Persegi Ukuran (Square Post)
Post Instagram pertama berukuran persegi, atau Square Post, yang berarti panjang dan lebar konten sama. Tidak banyak ruang yang diperlukan untuk tampilan berukuran besar ini di feed Instagram.

Contoh ukuran postingan Instagram square
Contoh Ukuran Post Square
:2. Horizontal Post Size (Landscape Post)
Posting Instagram dengan ukuran horizontal, juga dikenal sebagai "ukuran landscape", memiliki bentuk memanjang ke samping dengan rasio 16:9, atau 1.91:1, dan resolusi 1920 x 1080 px atau 1080 x 608 px.

Ukuran landscape dapat memberi audiens kesan luas dari kiri ke kanan.

Ukuran postingan landscape feed Instagram contoh
Gambar Ukuran Lanscape Post
3: Ukuran Post Vertikal
Ukuran postingan Instagram vertikal adalah 9:16, yang berlawanan dengan ukuran konten horizontal. Vertical Post memiliki kemampuan untuk memberikan kesan mendalam kepada audiens saat melihat konten.

Contoh ukuran postingan di feed Instagram yang berdiri tegak
Contoh Ukuran Post Tinggi
:4. Post Potret Ukuran
Terakhir, ada Portrait Post, ukuran post Instagram potret, yang secara visual mirip dengan Square Post.

Portrait Instagram memiliki resolusi 1080 x 1350 px (Rasio 4:5), dan bentuknya sedikit lebih panjang daripada foto atau video.

Portrait Post dapat memberikan kesan yang luas kepada audiens, tetapi tidak mengambil sebagian besar konten Instagram.

Contoh ukuran postingan di feed portrait Instagram
Contoh Ukuran Post Portrait
Dengan menggunakan empat ukuran posting Instagram yang berbeda, Anda dapat membuat konten yang berbeda berdasarkan kategorinya: Instagram Feed, Instagram Stories, IGTV, Instagram Reels, dan Instagram Live. Bisa menggunakan foto, video, carousel, dan koleksi.

Tabel rangkuman berikut menunjukkan ukuran postingan feed Instagram terbaru pada tahun 2023 untuk berbagai jenis konten dan format.

Jenis Postingan dan Rasio Resolusi File
Foto persegi atau segi empat sebesar 1080 x 1080 piksel dalam format JPG dan PNG
Foto (Landscape) 1,91:1 1080 × 608 piksel, format JPG dan PNG.
Fotografi (wajah) 4:5 1080 x 1350 piksel JPG, PNG
Video persegi atau segi empat seukuran 1080 x 1080 piksel dalam format MP4, MOV, atau GIF
Video (Landscape) 1,91:1 1080 × 608 piksel, dapat disimpan dalam format MP4, MOV, atau GIF.
Video portrait 4:5 1080 x 1350 piksel dalam format MP4, MOV, atau GIF.
Stories Instagram (Vertical) 9:16 1080 x 1920 piksel JPG, PNG, MP4, MOV, dan GIF.
Reel Instagram (vertikal) 9:16 1080 x 1920 piksel dalam MP4 dan MOV
Instagram Live (vertikal) dengan resolusi 1080 x 1920 piksel
Feed profil Instagram 1:1 berukuran 320 x 320 piksel dalam format JPG dan PNG.
Lihat foto 1:1 1080 x 1080 piksel dalam JPG dan PNG di Instagram.
Video Instagram Explore 4:5 berukuran 1080 x 1350 piksel dalam format MP4, MOV, atau GIF.
Instruksi Instagram (Foto Cover) 3:4 1080 x 1440 piksel JPG, PNG
Instagram TV (IGTV) dengan resolusi 1080 x 1920 piksel dalam format MP4
Tabel yang Menggabungkan Ukuran Postingan di Feed Instagram
Selanjutnya, kita akan membahas secara menyeluruh bagaimana ukuran video, gambar, dan foto di Instagram berbeda untuk masing-masing jenis konten!

Baca juga: Apa Itu Marketing Digital? Bahasan lengkap dapat ditemukan di sini.

B. Konfigurasi & Ketentuan Ukuran Feed Instagram
Saat ini, jenis konten yang paling sering dilihat dan paling banyak beredar adalah konten Instagram Feed, atau beranda Instagram.

Jenis konten ini sering muncul di halaman awal Instagram (Home), halaman penelusuran (Explore), dan halaman profil setiap pengguna.

Format dan ukuran feed Instagram adalah sebagai berikut:

:1. Format feed IG untuk foto dan gambar
Kebutuhan Teknis:

Maksimal rasio aspek adalah 4:5.
Rasio aspek minimal adalah 1,91:1.
Minimal lebar gambar adalah 500 piksel.
Maksimal ukuran file adalah 30 MB.
Saran:

File format JPG atau PNG
Perbandingan: 1:1
Resolusi setidaknya 1080 x 1080 piksel
ukuran gambar contoh untuk feed Instagram
Format Gambar Feed Instagram
:2. Format Video Feed Size
Kebutuhan Teknis:

Maksimal rasio aspek adalah 4:5.
Rasio aspek minimal adalah 1,91:1.
Minimal lebar 500 px
Video berdurasi antara satu detik dan enam puluh detik.
Maksimal ukuran file adalah 30 MB.
Saran:

File Format: MP4, MOV, atau GIF
Rate: 4:5
Resolusi setidaknya 1080 x 1080 piksel
ukuran contoh untuk video di feed Instagram

Size of Instagram Feed Format Video
3: Format Carousel Feed Ukuran
Kebutuhan Teknis:

Jumlah gambar dan video dalam Carousel adalah dua hingga sepuluh.
Video berdurasi antara satu detik dan enam puluh detik.
Maksimal ukuran file gambar adalah 30 MB.
Maksimal ukuran file video adalah 4 GB.
Saran:

File gambar dapat JPG atau PNG.
File video dapat MP4, MOV, atau GIF.
Perbandingan: 1:1
Resolusi setidaknya 1080 x 1080 piksel
ukuran carousel untuk feed Instagram contoh
Size of Carousel Format Feed Instagram
:4. Ukuran Koleksi Format Feed IG (iklan)
Kebutuhan Teknis:

Maksimal rasio aspek adalah satu sama lain.
Rasio aspek minimal adalah 1,91:1.
Minimal lebar gambar atau video adalah 500 piksel.
Maksimal tinggi gambar atau video adalah 500 piksel.
Maksimal ukuran file gambar adalah 30 MB.
Maksimal ukuran file video adalah 4 GB.
Saran:

File gambar dapat JPG atau PNG.
File video dapat MP4, MOV, atau GIF.
Rasio adalah 1,91:1 hingga 1:1.
Resolusi setidaknya 1080 x 1080 piksel
contoh ukuran pengumpulan feed Instagram
Size of Instagram Format Collection Feed
Tabel Ukuran Subscriber Instagram
Konfigurasi Gambar Video
Maksimal Rasio Aspek 4:5 4:5
Rasio Aspek Minimal adalah 1,91:1.
Durasi: 1 hingga 60 detik
Maksimal ukuran file adalah 4 GB.
Jenis file: JPG, PNG, MP4, MOV, dan GIF
Tabel Rangkuman Ukuran Feed Gambar & Video Instagram
Persyaratan Carousel Collection (iklan)
Rasio Aspek Maksimal adalah 4:5 1:1.
Rasio Aspek Minimal adalah 1,91:1.
Video berdurasi antara 1 dan 60 detik.
*Tiap kartu video selama 1-60 detik
Maksimal ukuran gambar dalam file adalah 30 MB.
4 GB video dan 30 MB gambar
4 GB untuk video
Jenis file gambar: JPG, PNG
Jenis file video: MP4, MOV, GIF Jenis gambar: JPG, PNG
Jenis video: MP4, MOV, dan GIF
Tabel Rangkuman Ukuran Feed Instagram untuk Carousel dan Pengumpulan
Selain itu, baca: Panduan Lengkap untuk Menjalankan Iklan Instagram

B Parameter & Spesifikasi Ukuran Konten Instagram
Jenis konten Instagram yang muncul pada setiap foto profil pengguna disebut "Stories".

Semua konten hanya bertahan selama 24 jam pertama, dan kemudian dapat dimuat ke dalam Highlight Instagram untuk menjadi permanen.

Orang biasanya membagikan jenis konten ini untuk mencatat apa yang baru mereka dapatkan atau hanya untuk memposting ulang konten yang sudah ada.

Ketentuan ukuran cerita Instagram adalah sebagai berikut:

:1. Size of Story IG Image Format
Kebutuhan Teknis:

Gambar berdurasi lima detik.
Maksimal ukuran file adalah 30 MB.
Minimal lebar 500 px
Saran:

File gambar dapat JPG atau PNG.
Tari: 9:16
Resolusi setidaknya 1080 x 1080 piksel
Catatan: Agar ikon profil atau tombol ajakan bertindak tidak tertutup di bagian atas dan bawah gambar teks, logo, atau elemen penting lainnya dalam materi iklan, usahakan untuk menyisakan sekitar 14% (250 pixel) dari area tersebut.
contoh ukuran gambar untuk cerita Instagram
Size of Instagram Story Format Image
:2. Size of IG Story Format Video
Kebutuhan Teknis:

Video berdurasi 1–15 detik.
Maksimal ukuran file adalah 250 MB.
Minimal lebar 500 px
Saran:

File Format: MP4, MOV, atau GIF
Tari: 9:16
Resolusi setidaknya 1080 x 1080 piksel
Catatan: Agar ikon profil atau tombol ajakan bertindak tidak tertutup, coba kosongkan sekitar 14% (250 pixel) bagian atas dan bawah video dari teks, logo, atau elemen utama materi iklan lainnya.
contoh ukuran video untuk cerita Instagram
Size of Instagram Story Format Video
3: Carousel Ukuran Story IG Format
Kebutuhan Teknis:

Jumlah kartu Carousel dari dua hingga sepuluh
Maksimal ukuran file gambar adalah 30 MB.
Maksimal ukuran file video adalah 4 GB.
Video berdurasi 1–15 detik.
Saran:

File gambar dapat JPG atau PNG.
File video dapat MP4, MOV, atau GIF.
Perbandingan: 1:1
Resolusi setidaknya 1080 x 1920 piksel
Catatan: Agar elemen utama gambar atau video tidak tertutup oleh tombol ajakan bertindak, coba kosongkan sekitar 14% (250 pixel) dari bagian atas dan bawah gambar atau video.
ukuran carousel Instagram stories contoh
Size of Instagram Story Format Carousel
:4. Size of Story IG Format Collection (Advertisements)
Kebutuhan Teknis:

Maksimal rasio aspek adalah satu sama lain.
Rasio aspek minimal adalah 1,91:1.
Gambar atau video harus memiliki lebar minimal 500 piksel.
Maksimal ukuran gambar atau video adalah 500 piksel.
Maksimal ukuran file gambar adalah 30 MB.
Maksimal ukuran file video adalah 4 GB.
Saran:

File gambar dapat JPG atau PNG.
File video dapat MP4, MOV, atau GIF.
Rasio adalah 1,91:1 hingga 1:1.
Resolusi setidaknya 1080 x 1080 piksel
contoh ukuran koleksi untuk cerita Instagram
Size of Instagram Story Format Collection
Tabel Ukuran Untuk Cerita Instagram
Konfigurasi Gambar Video
Rasio Aspek Maksimal adalah 9:16.
Minimal Critical Element Ratio
Durasi: 1-5 detik
Maksimal ukuran file adalah 4 GB.
File Format: JPG, PNG, MP4, MOV, GIF
Tabel Rangkuman Ukuran Kisah Instagram untuk Foto dan Video
Persyaratan Carousel Collection (iklan)
Rasio aspek tertinggi 9:16 1:1
Rasio Aspek Minimal adalah 1,91:1.
Gambar berdurasi antara 1 dan 5 detik.
Video berdurasi 1–15 detik.
*Tiap kartu foto: 1-5 detik
Video berdurasi 1–15 detik.
Maksimal ukuran file gambar adalah 30 MB.
4GB video dan 30MB gambar
4GB untuk video
Gambar dapat disimpan dalam format JPG dan PNG.
Jenis file video: MP4, MOV, GIF Jenis gambar: JPG, PNG
Jenis video: MP4, MOV, dan GIF
Tabel Rangkuman Ukuran Konten Instagram untuk Carousel dan Koleksi
Baca juga: 9 Contoh Iklan Digital yang Wajib Anda Ketahui!

B. Parameter dan Spesifikasi Instagram TV (IGTV)
Instagram TV, atau IGTV, adalah jenis konten yang dapat menampung video yang lebih lama daripada jenis lainnya.

Jenis konten ini dapat menampung video hingga 60 menit yang berasal dari Instagram Live dan video dari perangkat pengguna. IGTV dapat muncul di halaman penelusuran dan di profil pengguna.

Namun, ikon IGTV tidak ada lagi. Apakah akan dihapus IGTV?

❗️Catatan: Mulai Oktober 2021, Instagram memasukkan istilah "IGTV" ke dalam kategori kontennya; sebaliknya, mereka menambahkan konten video ke dalam feed Instagram.

Namun, ukuran dan format konten IGTV dapat ditemukan di sini, yaitu:

Ukuran Format Video IGTV
Kebutuhan Teknis:

Rasio video di feed adalah 1:1 atau 4:5.
Hasil sampul halaman IGTV adalah 1:1.55
Halaman sampul IGTV berukuran 420 x 654 px.
Maksimal ratio aspek: 9:16 (vertikal)
Minimal ratio aspek adalah 16:9 (horizontal).
Durasi minimal adalah satu menit.
Maksimal durasi:
lebih dari lima belas menit jika diunggah melalui perangkat seluler.
Jika diunggah melalui internet, lebih dari 60 menit.
Kualitas file: MP4
Video harus memiliki resolusi minimal 720 piksel dan frame rate 30 FPS (frame per detik).
Maksimal dimensi file:
Video berdurasi kurang dari 10 menit harus 650 MB.
Sebuah video berdurasi hingga 60 menit memiliki kapasitas 3,6 GB.
Ukuran contoh video untuk IGTV
ukuran televisi Instagram (GTV)
Tabel ukuran posting Instagram TV
Parameter Video
Rasio (beranda) adalah 1 : 1 atau 4:5.
Rasio (sampul) adalah 1:1,55, dengan dimensi 420 x 654 piksel.
Rasio aspek paling tinggi 9:16 (vertikal)
Minimal Rasio Aspek 16:9 (Horizontal)
Tidak lebih dari satu menit
Durasi minimal telepon: lima belas menit
Internet: 60 menit
Dengan resolusi minimal 720 piksel dan frame rate 30 FPS
Maksimal ukuran file tidak lebih dari 10 menit: 650MB
antara 10 dan 60 menit: 3,6 GB
File Format MP4
Tabel yang menggabungkan ukuran posting Instagram TV (IGTV)
Baca juga: Pemasaran Konten: Definisi, 29 Jenis, dan Trend di 2023

B. Ukuran dan Ketentuan Ukuran Reel Instagram
Instagram Reels adalah jenis konten terbaru yang dirilis di Indonesia oleh Instagram dan sekaligus menjadi saingan media sosial TikTok.

Konten yang ada di Instagram Reels lebih mirip dengan aktivitas pengguna, berbeda dengan Instagram Stories.

Jenis konten ini, mirip dengan IGTV, dapat ditemukan di halaman penelusuran Instagram dan di bagian khusus profil pengguna. Ketentuan ukuran untuk Reels Instagram adalah sebagai berikut:

Size of Instagram Video Reels
Kebutuhan Teknis:

Minimal 600x1067 px.
Maksimal 1080×1920 px
Tari: 9:16
Video berdurasi antara satu detik dan tiga puluh detik.
File format MP4 atau MOV
Maksimal ukuran file video adalah 4 GB.
contoh ukuran video Instagram reel
Gambar Ukuran Reel Instagram
Tabel Ukuran Postingan Instagram Reels
Parameter Video
Risalah 9:16
Minimal 600x1067 px
Maksimal 1080 x 1920 piksel
waktu antara 1 dan 30 detik
Maksimal 4 GB dalam file
File dalam format MOV atau MP4
Tabel Rangkum Ukuran Postingan Instagram Reels
Baca juga: Jadwal FYP TikTok 2023 dan tujuh nasihat untuk konten viral langsung

A. Ukuran dan Ketentuan Instagram Live
Terakhir, ada Instagram Live, yang merupakan jenis konten yang dibuat secara real time oleh pengguna melalui perangkat mereka. Rekaman Instagram Live dapat disimpan ke dalam IGTV dan dapat ditonton kembali kapan saja.

Ketentuan ukuran Instagram Live adalah sebagai berikut:

Ukuran Live Video Instagram
Kebutuhan Teknis:

Secara teknis, Instagram Live harus memiliki rasio video 9:16.
contoh ukuran video live Instagram
Contoh Ukuran Live Instagram
T. Ukuran & Ketentuan Instagram Guides
Salah satu jenis konten Instagram yang disebut Instagram Guides terdiri dari kumpulan postingan dan lokasi yang telah Anda simpan atau publikasikan sebelumnya.

Fungsi dari jenis konten ini adalah mengumpulkan konten yang mungkin bertemakan sama sehingga audiens tidak perlu melanjutkan ke halaman berikutnya.

Guides to Size and Size of Instagram Covers
Rate: 4:5
Ukuran: 1080 x 1440 piksel
Catatan: Gambar yang digunakan berasal dari konten yang telah dipublikasikan atau disimpan.
contoh ukuran konten untuk pedoman Instagram
Bersumber dari Instagram @insiderbusiness
Sasana Digital Membantu Anda Mempelajari Ketentuan Bermedia Sosial
Anda dapat belajar tentang semua hal tentang memainkan media sosial, seperti mengetahui ukuran postingan feed Instagram, sebagai penyedia kursus dan konsultasi digital marketing.

Di Sasana Digilab, Anda juga dapat mendapatkan kelas pelatihan Prakerja 2024 Gelombang 64 atau video pembelajaran di Sasana Digital.

Kami beberapa kali langsung membantu kebutuhan digitalisasi sektor bisnis seperti berikut karena kebutuhan di bidang yang masih relevan.

:1. Private Digital Marketing Training
layanan pelatihan pribadi—solusi untuk memahami ukuran feed Instagram
Sasana Digital menawarkan layanan pelatihan digital marketing secara pribadi kepada tim bisnis yang terdiri dari hingga empat orang. Kami mengembangkan strategi dan konten yang tepat sasaran untuk menjangkau audiens secara organik di media sosial dengan fokus pada klien seperti Klinik Ibu dan Anak. Kami telah mencapai pertumbuhan besar dalam jumlah pengikut hingga puluhan ribu.

:2. Organisasi Pelatihan Digital Marketing
Layanan pelatihan perusahaan—solusi untuk memahami ukuran feed Instagram
Selain itu, kami menyediakan layanan pelatihan perusahaan untuk bisnis yang ingin mengumpulkan tim yang terdiri dari enam hingga delapan orang. Kami telah melakukan audit konten dan pengaturan meta iklan untuk perusahaan travel umroh, sebagai contoh.

Dengan menerapkan prinsip ABC (Audience Benefit Content) sesuai case-nya, kami akhirnya dapat meningkatkan pendapatan lebih dari 2,4 miliar dengan ROAS lebih dari dua puluh kali lipat dalam waktu hanya dua minggu.

3: Evaluasi Marketing Digital
Layanan audit—solusi untuk mengetahui ukuran feed Instagram
Sasana Digital menawarkan layanan audit kepada perusahaan melalui program konsultasi, yang dimulai dengan evaluasi menyeluruh terhadap saluran pemasaran digital mereka.

Sebagai contoh, setelah mendapatkan konsultasi dan audit dari kami, salah satu klien kami yang bergerak dalam bisnis Toko Mainan mengalami peningkatan penjualan sebesar 50% dalam waktu 1,5 bulan.

:4. Konsultasi Marketing Digital
konsultasi layanan—solusi untuk memahami ukuran feed Instagram
Untuk membantu bisnis meningkatkan performa digital mereka, Sasana Digital menawarkan konsultasi tatap muka dan melalui WhatsApp. Sebagai contoh, kami membantu bisnis pakaian wanita menemukan masalah dengan saluran digital mereka dan membuat rencana untuk meningkatkan pendapatan bisnis sebesar 150% dalam waktu dua bulan.

Cakupan Materi Pelatihan dan Konsultasi
Sasana Digital dapat membantu mempercepat digitalisasi bisnis Anda dan meningkatkan kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) dan kinerja perusahaan melalui strategi marketing digital. Lihat cakupan topik pelatihan dan konsultasi berikut untuk menemukan apa yang Anda butuhkan.

cakupan masalah solusi untuk memahami ukuran feed Instagram
Pertanyaan Berkaitan dengan Ukuran Feed Instagram
1. Berapa Rasio dan Ukuran yang Baik untuk Postingan Instagram?
Seperti yang dijelaskan dalam artikel ini, aturan dan peraturan yang telah dibuat oleh Meta Business Help Center harus mematuhi postingan Instagram yang baik.

Anda dapat membuatnya dengan menggunakan ukuran seperti 1:1, 1.91:1, 1080×1080 px, atau 1080×1920 px, antara lain.

Namun, jangan lupa bahwa konten apapun yang Anda buat, apapun kreatifnya, harus dapat dibaca dan dipahami dengan mudah oleh audiens Anda karena merekalah yang nantinya akan mengkonsumsi konten tersebut.

a. Berapa ukuran feed Instagram yang terdiri dari 3, 6, 9, dan 12 kotak?
Feed Instagram dengan pola 3, 6, 9, dan 12 sangat disukai karena memiliki tampilan yang rapi untuk audiens yang mengunjungi profil kita. Anda hanya perlu mengalikannya seperti Anda membuat satu postingan.

Misalkan pola 3 memungkinkan Anda membuat tiga postingan dengan rasio 1:1 dan ukuran 1080 x 1080 px. Dengan demikian, IG feed untuk tiga kotak dengan rasio 1:3 dan ukuran 1080 x 3240 px dihasilkan.

Misalnya, jika pola 9 digunakan, Anda dapat membuat postingan IG feed 9 kotak dengan rasio 1:1 dan ukuran 3240×3240 px. Ini akan dibagi menjadi sembilan bagian pada akhirnya.

Selain itu, Anda dapat membuat pola ini dengan cepat sebelum dipublikasikan dengan bantuan alat desain dan aplikasi yang tersedia untuk diunduh di App Store dan Play Store.

c). Berapa Ukuran Feed Instagram yang Ideal untuk Photoshop, Canva, dan CorelDraw?
Dengan menggunakan alat seperti Photoshop, Canva, dan CorelDraw, Anda dapat mendesain feed Instagram yang baik dengan berpatokan pada rasio desain konten yang ingin Anda buat, seperti 1:1, 9:16, 16:9, 4:5, atau 1.91:1.

Baca Juga: Pilihan Kursus & Pelatihan Digital Marketing di Bandung

Setelah Anda memahami ukuran feed Instagram, Anda akan bertanya, "Konten Instagram seperti apa yang harus diproduksi, terutama jika akun Instagram masih baru?" Untuk informasi lebih lanjut, simak video berikut!


Tutup
Pada akhirnya, Instagram memiliki empat ukuran posting: Square, Horizontal/Landscape, Vertical, dan Portrait. Anda dapat membuat semua kategori Instagram Live, Feed, Stories, dan Reels. Selain itu, berbagai format yang tersedia termasuk foto, video, carousel, dan koleksi.

Anda pasti ingin mempelajari strategi pemasaran media sosial, terutama pemasaran Instagram secara menyeluruh. Sasana Digital tersedia untuk membantu Anda mencapai tujuan strategi pemasaran Instagram perusahaan Anda.

Dengan menggunakan layanan pelatihan Sasana Digital, Anda dapat meningkatkan kredibilitas tim Anda dalam pengambilan keputusan di Instagram dengan cara yang terukur dan efektif.

Tunggu lagi! Dengan mengklik tombol "ya" di bawah ini, Anda dapat segera mengkomunikasikan kebutuhan Anda dengan kami untuk mempercepat pertumbuhan bisnis Anda.